Sabtu, 11 Agustus 2012

Kisah Tokoh : Sisi Gelap Kurt Cobain (2)

Kurt Cobain
Kurt Cobain


Kisah Tokoh : Di tahun 1990, Cobain akhirnya bertemu Courtney Love. Keduanya bertemu saat di Portland, Oregon Satyricon. Walaupun mereka saling tertarik, hubungan mereka tidak langsung terjalin.


Pada tahun yang sama, ia mendapat kesempatan tampil bersama dengan Sonic Youth. Nirvana telah melalui beberapa perubahan internal pada saat itu. Drumernya Crover Dale pada masa itu diganti dengan Dave Grohl setelah tur tersebut yang sebelumnya tergabung dengan DC band hardcore Scream.

Pada tahun 1991 mereka membuat lompatan besar, mereka menandatangani dengan Geffen Records. Pada tahun yang sama, mereka merilis Nevermind, merupakan sebuah revolusi musik. dari dominasi aliran Punk, mereka membuat gebrakan dengan aliran Grunge, terlihat gelap, kasar terutama pada vokal dan besutan suara gitar. Single "Smells Like Teen Spirit" meledak di pasar sekaligus membuktikan sebagai grup tunggal terbesar di masanya.

Cobain masuk sebagai salah satu penulis lagu terbaik dalam generasinya di usia 24 tahun.
Setelahnya, Cobain mulai khawatir dan kacau tentang bagaimana musik dan respon pasar serta penggemarnya. Dia sudah mulai menggunakan heroin pada awal tahun 1990-an.
sebelum debut albumnya Nevermind, pertemuan dengan Courtney Love berlanjut, Februari 1992, mereka menikah dan anaknya Frances Bean Cobain lahir pada Agustus tahun itu. faktanya, Cobain dan Love justru semakin terjerat dalam pemakaian obat-obatan. sampai Dinas Sosial meminta pengalihan hak asuh anaknya, karena dinilai akan membahayakan perkembangan anaknya.

Kecanduan obat membuat mereka berdua semakin paranoid, hubungan mereka semakin tegang, selain juga didapati kasus atas kepemilikan senjata api ditahun 1993, juga penyerangan terhadap Polisi saat akan mengambil senjata dirumahnya.

Disisi lain Cobain telah sukses profesional. Nirvana meliris album Utero dirilis pada bulan September 1993. Lirik-liriknya sangat pribadi tentang perjuangan hidup. Cobain berbeda secara hidup dengan anggota bandnya, tetapi ia terus maju. November 1993 untuk MTV's unplugged seri wisata dan Eropa musim dingin, narkoba masih tak bisa lepas dari dirinya. Cobain menghabiskan beberapa waktu di Eropa dengan keluarganya. Pada tanggal 4 Maret 1994, di kamar hotel Roma, Italia, dia mencoba bunuh diri dengan overdose obat-obatan. Love menemukannya dalam kondisi yang parah, dia dibawa kerumah sakit dalam keadaan koma. Sedangkan laporan resmi mengatakan bahwa ia tidak sengaja overdose, jelas Cobain punya maksud untuk bunuh diri, setelah didapati dia meninggalkan catatan bunuh diri.

Sepulangnya ke Amerika Serikat, Cobain menjadi pertapa, ia menghabiskan banyak waktu sendirian dengan kecanduan narkobanya, semakin parah dan parah, keluar masuk klinik guna proses penyembuhannya, bahkan seringkali dia melarikan diri dari klinik karena tidak kuat dan merasa makin gila dengan kecanduannya.

akhirnya, 5 April, 1994, di rumah tamu di belakang rumahnya Seattle, Cobain melakukan bunuh diri. Dia menempatkan senapan ke mulutnya dan menembakannya, membunuh dirinya secara cepat. Dia meninggalkan catatan bunuh diri yang dialamatkan kepada penggemar, juga istri dan anak-anak perempuan. Walaupun secara resmi pihak kepolisian menyatakan dia mati dengan cara bunuh diri, namun ada beberapa kejanggalan dan kemungkinan Love terlibat dalam kematian Cobain, sebab ditemukan bukti bahwa kartu kreditnya sempat digunakan belanja, sementara Cobain dinyatakan sudah mati ketika transaksi tersebut dilakukan.

Bahkan setelah kematiannya di usia 27 tahun, Cobain terus menjadi intrik dan inspirasi bagi fansnya, dengan Cobain hilang, ada perjuangan tentang apa yang harus dilakukan dengan apa yang dia tinggalkan. Grohl dan Novoselic berjuang dengan Love selama bertahun-tahun lebih dari Nirvana. Pada bulan September 2002, Love mengumumkan atas material album yang belum pernah dirilis. Sebuah antologi lagu mereka, Nirvana, "You Know You're Right." Dua koleksi yang menyertakan bahan lainnya, sebelumnya unreleased pada tahun 2004, 2005 Sliver: The Best of box.

Pada bulan April 2007, Love mengumumkan rencana untuk pelelangan barang peninggalan Cobain, namun pada saat penguman dikeluarkan, belum muncul item yang muncul dalam pelelangan.


sumber :
http://www.biography.com/articles/Kurt-Cobain-9542179?part=0




[1] [2]

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IysBlog : Catatan yang Dirangkum

Islam |Kisah Inspiratif | Tutorial Blog | Galeri Foto | Games | Pojok Rehat